Monday, May 29, 2017

cara mudah untuk membuat tempat penyimpanan rahasia di buku




assalamualaikum wr wb. kembali lagi di hari yang cerah ini, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat penyimpanan rahasia di buku. Tutorial kali ini sangat berguna untuk menyimpan barang-barang berharga kalian, atau kalian juga bisa menyimpan benda-benda yang mudah hilang seperti kunci, korek api, atau kalian juga bisa gunakan untuk menyimpan aksesoris, bahkan uang.



langsung aja cekidot:




alat-alat yg di butuhkan:
-buku
-cutter
-lem putih (fox)
-kuas
-penggaris
-pulpen/pensil

Note*
Untuk  buku, usahakan buku yang akan kalian gunakan berjumlah lebih dari 300 lembar atau lebih dari 600 halaman, agar lebih bisa menampung banyak barang. dan sebaiknya gunakan buku yang bercover tebal seperti kamus, beberapa novel juga memiliki cover tebal. Untuk cutter saya saranka kalian menggunnakan x-acto knife, harganya lumayan mahal jika dibandingkan cutter biasa, jika cutter biasa harganya hanya 3.000Rp perak, xacto knife ini harganya kira-kira 35.000Rp (tiga puluh lima ribu). kalian bisa beli di foto copy atau di ace hardware. Untuk lem kalian harus manggunakan lem fox, atau lem putih. lem putih hargnya lebih murah hanya sekitar 10.000Rp, biasa di jual di toko-toko bangunan.



langkah pertama kalian harus mengelem semua halaman buku menggunakan lem putih yang sudah kalian beli, kalian harus mengelem buku tersebut halaman per halaman, agar daya rekatnya sempurna, tapi cara ini akan memakan waktu berjam-jam. atau kalian juga bisa hanya mengelem bagian sisi buku nya saja. jangan lupa untuk meninghalkan 20-30 lembar untuk mengecoh. agar lebih gampang saat pengeleman kalian bisa mengencerkan sedikit lem yang akan kalian gunakan tapi jangan terlalu encer nanti bisa merusak buku, lemkan dengan tipis dan rata.




sekarang kalian harus mengeringkan bukunya semalaman, untuk daya rekat yang sempurna kalian harus memberi pemberat pada buku, kalian bisa menggunakan buku-buku lain atau apapun sebagai pemberat. jika kalian menggunakan lem fox mungkin buku bisa mengering dalam hitungan jam saja, tapi jika kalian menggunakan lem putih kalian harus menunggu setidaknya semalaman (kalau kalian bikinnya malam). agar lebih cepat kering kalian bisa mengangin-angginkannya, tapi jangan di jemur bisa membuat bukunya keriting/keriput.





langkah selanjutnya buat pola kotak dengan jarak 0,5inc, atau sama dengan 1.27cm, atau sama degan 12.7mm di setiap sisi buku, hanya pada lembaran yang kalian lem, atau kalian juga bisa memperkirakan sendiri ukuran yang kalian inginkan, jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis.




langkah berikutnya adalah pemotongan, bagi kalian yang hanya mengelem bagian sisi bukunya saja, kemungkinan kalian tidak akan menemukan masalah apapun disini. kalian hanya tinggal memotong lembar per lembar saja. tapi bagi kalian yang mengelem seluruh halaman, akalian akan mengalami sedikit kesulitan di sini. kalian harus memotongg dengan hati-hati agar bagian sisi buku tidak sobek.




terus potongg hingga sampai ke cover bagian belakang buku, ini mungkin akan memakan waktu agak lama tergantung ketebalan buku yang kalian gunakan. agar lurus dan rapi kalian bisa menggunakan penggaris untuk membantu kalian dalam pemotongan. langkah selanjunya untuk kalian yang hanya mengelem sisi buku saja, kalian harus mengelem kembali sisi bagiann dalam buku agar buku kuat merekat sempura.




langkah terakhir, keringkan kembali buku yag kalian lem tadi dengan di atas atau cara apapun terserah kalian. dua langkah terakhir ini hanya untuk kalian yang megelem sisi bukunya saja, untuk kaluan yang mengelem halaman per halaman kalian sudah bisa menggunakannya setelah kaliann siap memotong nya.




taaadaaaa dah jadi


sekian terima kasih

tutorial lainnya: 10 ide cara mendaur ulang buku jadul kalian dan cara membuat tempat menyimpan aksesoris dari botol bekas

Diposting oleh
Load disqus comments

0 komentar