Tuesday, November 28, 2017

Menyulap Ban Bekas Jadi Ikat Pinggang!?





Assalamualaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial singkat, bagai mana cara membuat ikat pinggang dari ban sepeda bekas. Oke tanpa basa-basi lagi kita langsung ke TKP.





Bahan-bahan yang kalian butuhkan:

1. kepala ikat pinggang, atau biasa disebut gesper
2.rivets, atau biasa disebut paku keling
3.cutter
4.alat pembolong ikat pinggang
5.ban sepada

Untuk ban sepedanya sebaiknya kalian menggunakan ban sepeda yang tipis, seperti ban sepeda fixie, atau ban sepeda MTB. Jika kalian tidak mempunyai alat pembolong, kalian bisa membolonginya menggunakan obeng.




Langkah pertama potong ban dengan menggunakan cutter. kalian harus memotong ban yang akan kalian gunakan selebar -+ 4Cm dan panjang -+ 150Cm. jika kalian menggunakan ban fixie, kalian hanya perlu memotong kedua sisinya saja, dan meninggalkan bagian tengahnya.





Selanjutnya kalian harus membuat lubang untuk memasukan pengait gesper (lihat gambar!). kalian bisa memlubanginya dengan alat pembolong atau menggunakan cutter. Kemudian buat empat lubang untuk pake keling (lihat gambar)






Kemudian potong sedikit bagian sisi ban yang kalian potong tadi untuk dijadikan belt loop (saya ga tau apa bahasa indonesianya). pasangkan empat pake keling ke lubang yang tadi telah kalian buat, jangan lupa untuk memasukan belt loopnya di antara lipatan (lihat gambar!!)


Langkah terakhir, lubangi ikat pinggang di sekitar ukuran piggang kalian dengan jarak sekitar 2-2.5 Cm. Agar rapi lubangi dengan menggunakan alat pembolong. Jika kalian tidak mempunyai alat pembolong, kalian bisa membolonginya menggunakan obeng.



hasil akhirnya akan kurang lebih seperti ini. Sekian dari saya untuk kali ini


wassalam.


Diposting oleh
Load disqus comments

0 komentar